Cara Memilih Laptop untuk Programmer


Programmer adalah pekerjaan yang cukup banyak diminati akhir-akhir ini. Selain dari gaji tinggi, programmer juga dianggap sebagai pekerjaan yang menyenangkan yang selalu menghadirkan tantangan baru.

Sebagai pekerjaan, pemrogram tentu saja menuntut orang yang gigih memiliki setidaknya komputer atau laptop yang mampu. Tidak jarang membuat programmer berburu laptop dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Namun, apa sebenarnya prioritas laptop untuk programmer?

Soal spesifikasinya, tentu berbagai jenis dan merek laptop ada di pasaran dan tidak ada batasan. Namun, spesifikasi harus disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut ini adalah tips dan trik untuk spesifikasi laptop yang dibutuhkan seorang programmer.

RAM besar
Programmer adalah pekerjaan yang mengharuskan kita untuk membuka dan menjalankan berbagai program yang sedang dikerjakan. Tidak jarang, proses eksekusi ini akan memakan memori yang cukup sehingga laptop menjadi tertinggal. Untuk mencegah hal ini terjadi, pilih laptop dengan spesifikasi RAM terbesar atau buat modifikasi sendiri.

Gunakan SSD, bukan HDD
Penggunaan SSD atau HDD sebenarnya bukan masalah penyimpanan yang besar, melainkan tentang kecepatan akses dan transfer data dari media penyimpanan. Dengan menggunakan SSD, proses mengakses data akan memakan waktu lebih lama daripada menggunakan HDD, jadi Anda harus menggunakan SSD untuk menghemat lebih banyak waktu dalam proses memanggil data saat diperlukan saat pemrograman.

Prosesor minimal i3
Kenapa harus i3? Karena prosesor ini cukup baik dalam memproses data. Perlu diingat bahwa proses data adalah proses terpenting dalam pemrograman. Lambatnya suatu program akan sangat ditentukan oleh kecepatan proses ini.

Abaikan Kartu Grafis
Anda adalah seorang programmer, bukan seorang desainer. Oleh karena itu, Anda akan dihadapkan pada serangkaian kode lebih sering daripada serangkaian gambar. Karena itu, untuk menghemat biaya peralatan, kurangi anggaran untuk kartu grafis karena Anda masih bisa menggunakan kartu standar untuk penggunaan sehari-hari.

Ganti Drive CD / DVD dengan HDD
CD atau DVD adalah media penyimpanan yang saat ini sangat jarang digunakan. Karena itu, ada baiknya untuk membongkar slot DVD dan menggantinya dengan HDD. Ini akan bermanfaat jika SSD di dalam laptop Anda tidak memiliki ruang penyimpanan yang cukup.

Body Metal
Ingat bahwa pemrograman adalah proses yang panjang dan membutuhkan kesabaran. Karena itu, pekerjaan Anda akan membutuhkan perlindungan. Gunakan laptop dengan bodi luar yang terbuat dari logam. Ini untuk menghindari kerusakan parah dari laptop jika terjadi benturan keras. Selain itu, bodi yang terbuat dari logam juga akan menghantarkan panas dari dalam laptop lebih baik daripada plastik.

Gunakan Laptop Merek Terkenal
Pentingnya laptop merek terkenal bukanlah masalah gengsi, tetapi masalah kualitas dan kemudahan suku cadang jika suatu saat ada kerusakan yang membutuhkan penggantian komponen. Anda tentu tidak ingin menghabiskan waktu berbulan-bulan tanpa mengerjakan program Anda hanya karena sulitnya menemukan komponen di pasar.

Selain itu, pastikan juga laptop Anda berfungsi dengan baik dan dirawat dengan baik. Lakukan penghapusan data yang tidak perlu dan bersihkan mesin bagian dalam jika perlu. Itulah pembahasan mengenai Cara Memilih Laptop untuk Programmer. Semoga bermanfaat ya